UTS IMK IPB 1819: IPB Mobile for Student (G24170002)


Halohalohalo i'm finally back!
Tapi nggak seperti biasanya, saya akan pakai yang agak formal karena tulisan ini digunakan untuk memenuhi tugas mata kuliah, ehehe.

Pengantar

Nah, sebelum menuju bahasan yang lebih serius, saya mau cerita dulu. 
Jadi sebenarnya, alasan saya menulis bahsaan ini disini adalah pemenuhan tugas UTS dari salah satu mata kuliah minor yang saya ambil yaitu Interaksi Manusia dan Komputer. Sedikit berbeda dari mata kuliah biasanya, bentuk soal UTS kali ini adalah take home dengan waktu pengerjaan 5 hari. Lama, ya? /loud crying in the background intensifies/ hehe no. Pemberian waktu 5 hari itu memang sudah sesuai dengan bobot atau tingkat kesulitan soalnya /at least for me, lol/ yang memang  butuh waktu segitu untuk dikerjakan.

Kami diminta untuk memilih salah satu dari website atau aplikasi yang disediakan (di antaranya IPB Mobile for Students, IPB Mobile for Lecturer, IPB Mobile for Staff, SIMAK IPB, dan IPB Repository. Akhirnya, saya memilih untuk mengkaji aplikasi IPB Mobile for Student dengan menggunakan metode UX (User Experience Survey. Apa pentingnya User Experience?



Gambar 1 Peran User Experience
Sumber: evry.com, interaction-design.org

Ya, jadi intinya, user experience ini bisa menjadi tolak ukur pengembang aplikasi atau website tentang kebutuhan atau kepuasan pengguna mereka.

Tentang aplikasi IPB Mobile for Student

"IPB is a campus with a high level of academic activity. A total of 25,000 and more students actively perform academic activities every day. In the course of academic activities, the entire academic administration is conducted in an integrated system of academic information via the website.
Smartphone has become an integral part of the student's needs. Communication is conducted between students via the smartphone. The use of smartphone makes all the information can be obtained easily.
IPB Mobile can transform all academic administration processes into an easy and fast digital transactions. You just need your Android smartphones to access all your academic activities.
All you need is in your hand."
- Penjelasan mengenai IPB Mobile for Student pada laman Google Play Store.

Aplikasi ini memiliki latar berwarna biru dan memiliki beberapa menu seperti dashboard, akademik, jadwal, dan profil. Fitur-fitu yang tersedia di antaranya mengecek persentase kehadiran, mengecek jadwal kuliah harian, melihat daftar transkrip IP dan IPK, mengajukan keluhan/pengaduan, melihat riwayat pembayaran UKT, bimbingan online dengan dosen pembimbing akademik, dan melihat Student e-Card dan QR Code-nya.
Sebelum melangkah pada metodologi, saya ingin memberikan beberapa tangkapan layar dari aplikasi IPB Mobile for Student.


 

Gambar 2 Screenshot aplikasi IPB Mobile for Student


Metodologi

Dalam pengerjaannya, beberapa tahapan yang harus saya ambil dalam melakukan UX Research ini di antaranya:

Diagram 1. Tahapan Pelaksanaan


1. Planning dan identifikasi
Secara umum menentukan masalah yang ingin diangkat, menentukan batasan masalah dan ruang lingkupnya, menentukan tujuan penelitian, dan menentukan berapa responden dan batas waktu survey.
Dalam kasus ini, tujuan penelitian saya adalah untuk mengevaluasi perilaku pengguna dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi IPB Mobile for Student.

Tujuan penelitian saya adalah untuk mengevaluasi perilaku pengguna dan mengetahui tingkat kepuasan pengguna terhadap aplikasi IPB Mobile for Student.

2. Kajian pendahuluan
Mencari landasan pustaka baik mengenai metode yang akan digunakan, cara melakukannya, serta memahami dahulu aplikasi yang akan dikaji, kemudian barulah menyusun kuesioner.

3. Pengujian survey
Mengedarkan kuesioner yang sudah disusun pada responden dengan jumlah minimal yang sudah dintentukan di tahap 1

4. Analisis dan simpulan
Merekapitulasi hasil survey dan melakukan analisis.

Hasil

Kuesioner yang saya buat bisa dilihat di-sini.
Waktu pengumpulan kuesioner saya kemarin adalah 2 hari (Minggu, 4 November 2018 s.d. Senin, 5 November 2018) dengan total responden 94 orang dengan perincian sebagai berikut:




Diagram 2 Data Diri Responden

Dari situ, saya rasa hasil dari kuesioner saya sudah cukup representatif untuk seluruh pengguna IPB Mobile for Student. (Semoga yaaa huhu)
Oke selanjutnya kita masuk ke hasil. Saya mau menggambarkan tanggapan dari 94 responden yang sudah berbaik hati banget bersedia mengisi kuesioner saya.

1. Lama penggunaan aplikasi

Diagram 3 Lama penggunaan aplikasi oleh responden

Dari 94 responden, mayoritas ternyata telah menggunakan aplikasi IPB Mobile for Student dari enam bulan yang lalu (41 responden), diikuti oleh 3 bulan terakhir (26), setahun terakhir (22), dan suara paling sedikit adalah kurang dari sebulan ini (5).

2. Frekuensi penggunaan aplikasi


Diagram 4 Frekuensi penggunaan aplikasi oleh responden

Selain lama penggunaan, saya juga menanyakan frekuensi penggunaan aplikasi oleh responden. Mayoritas responden menggunakan aplikasi sebanyak beberapa kali sebulan (30). Diikuti oleh beberapa kali seminggu (29), kurang dari sekali sebulan (19), sekali sebulan (9), sekali sehari (4), dan sekali seminggu (3).

3. Kesulitan saat menginstal aplikasi
Bentuk pertanyaan yang saya ajukan kepada responden ini adalah isian singkat. Suara terbanyak (67) menyatakan bahwa responden tidak mengalami kesulitan saat akan menginstal aplikasi, ditandai dengan variasi jawaban sepeti "-", "Tidak ada", "tidak ada", "Tidak ada kesulitan", dsj. Diikuti oleh masalah ukuran aplikasi (9) yang cukup besar dan selanjutnya masalah koneksi internet (9). Jawaban lainnya (9) sangat bervariasi mulai dari versi OS smartphone yang harus terbaru, HP sedang rusak, kurang paham penggunaannya, dan hanya bisa menginstal dari Play Store.

Suara terbanyak (67) menyatakan bahwa responden tidak mengalami kesulitan saat akan menginstal aplikasi, ditandai dengan variasi jawaban sepeti "-", "Tidak ada", "tidak ada", "Tidak ada kesulitan", dsj.

4. Kesulitan keluar masuk aplikasi
Bentuk pertanyaan keempat masih sama dengan sebelumnya, dan hasil yang didapat menunjukkan bahwa suara terbanyak menyatakan bahwa masalah yang paling sering ditemui adalah lamanya durasi loading (20) misalnya dari variasi jawaban seperti "Loadingnya lama", "Saat masuk, loading nya sangat lama. Bahkan kadang not responding dan kembali lagi ke layar awal.", "Proses loading kadang kadang lama",dsj diikuti oleh fakta bahwa pengguna harus log in kembali setiap kali masuk aplikasi (log-out otomatis) yaitu sebanyak 13 suara. Kemudian diikuti juga oleh jawaban tidak ada (12).

Hasil yang didapat menunjukkan bahwa suara terbanyak menyatakan bahwa masalah yang paling sering ditemui adalah lamanya durasi loading (20) misalnya dari variasi jawaban seperti "Loadingnya lama", "Saat masuk, loading nya sangat lama. Bahkan kadang not responding dan kembali lagi ke layar awal.", "Proses loading kadang kadang lama", dsj.

5.  Fitur paling sering digunakan

Diagram 5 Fitur paling sering digunakan dalam aplikasi

Bentuk jawaban pada pertanyaan kelima adalah checkboxes sehingga responden diperkenankan memilih lebih dari satu. Tiga dari tujuh fitur yaitu mengecek jadwal kuliah harian (69) serta mengecek persentase kehadiran dan melihat daftar transkrip IP dan IPK (masing-masing 58 suara) dipilih oleh mayoritas responden. Sisanya dipilih oleh kisaran 25,5% hingga 4,3% dari total responden.

6. Fitur paling jarang digunakan

Diagram 6 Fitur paling jarang digunakan dalam aplikasi

Kebalikan dari pertanyaan sebelumnya, fitur yang paling jarang atau tidak pernah digunakan responden didominasi oleh fitur mengajukan pengaduan/keluhan (70) diikuti oleh fitur bimbingan online dengan dosen PA (60) dan melihat student e-Card dan QR Code-nya (50) dan ini bersesuaian dengan fakta bahwa pada pernyataan sebelumnya, ketiga fitur ini berada pada posisi terbawah.

7. Nilai masing-masing fitur aplikasi


Diagram 7 Nilai fitur aplikasi menurut responden

Pada Diagram 7 ditampilkan penilaian responden pada masing-masing fitur yang dimiliki IPB Mobile for Student. Pemberian nilai diberikan pada skala 1 sampai 5 dimana nilai 5 menunjukkan nilai maksimum kepuasan hingga nilai 1 yang menunjukkan nilai minimum kepuasan. Fitur dengan nilai kepuasan pengguna lebih dari atau sama dengan empat tertinggi dimiliki oleh fitur untuk mengecek jadwal kuliah harian (total 80), kemudian melihat daftar transkrip IP dan IPK (total 64), diikuti oleh mengecek pelunasan UKT (total 56), mengecek persentase kehadiran (total 55), melihat student e-Card dan QR-Code (total 46), mengajukan pengaduan/keluhan (total 34), dan bimbingan online dengan dosen PA (total 33).

8. Nilai komponen tampilan aplikasi

Diagram 8 Nilai komponen tampilan aplikasi menurut responden

Selanjutnya dilakukan penilaian terhadap komponen tampilan aplikasi yang terdiri dari warna dan bentuk ikon aplikasi, serta huruf. Skala pun terdiri dari 1 sampai 5 dengan mekanisme yang sama.  Pada komponen huruf yang ditampilkan pada aplikasi, sebanyak 73 dari 94 responden memiliki nilai kepuasan 4 hingga 5. Pada komponen tampilan warna aplikasi, sebanyak 71 responden memiliki nilai kepuasan 4 hingga 5. Sementara itu, dari komponen tampilan bentuk ikon pada aplikasi, sebanyak 64 responden memiliki nilai kepuasan 4 hingga 5. 

9. Error rate

Diagram 9 Frekuensi muncul error menurut responden

Responden kemudian diminta untuk menilai seberapa sering munculnya error saat menggunakan aplikasi dengan skala penilaian 1 sampai 5 dimana 1 menunjukkan sangat jarang terjadi error hingga 5 menunjukkan sangat sering terjadi error. Mayoritas responden (40) memilih nilai 3 yaitu tidak jarang dan tidak sering. Responden yang memilih jarang (nilai 1 dan 2) berjumlah total 36 dan sisanya berjumlah 18 memilih sering terjadi error.

10. Kebutuhan responden terhadap guidance aplikasi

Diagram 10 Kebutuhan responden terhadap guidance

Terkait unsur user guidance dan learnability, dalam menggunakan aplikasi dan menjelajahi fitur-fitur yang ada, mayoritas responden (83) memilih untuk tidak meminta bantuan dari orang lain diikuti oleh jawaban perlu bantuan namun hanya kadang-kadang (10) dan memerlukan bantuan sebanyak 1 suara.

11. Kesediaan merekomendasikan aplikasi

Diagram 11 Kesediaan responden merekomendasikan aplikasi

Ketika ditanyakan kesediaan untuk merekomendasikan aplikasi IPB Mobile for Student kepada rekan yang belum menggunakan, mayoritas responden (86) menyatakan bersedia dan 8 sisanya menyatakan tidak.

12. Penilaian keseluruhan aplikasi

Diagram 12 Penilaian keseluruhan terhadap aplikasi IPB Mobile for Student

Melalui pertanyaan-pertanyaan sebelumnya, saya kemudian menanyakan penilaian responden secara keseluruhan terhadap aplikasi IPB Mobile for Student. Penilaian dilakukan dengan skala 1 sampai 10 dimana nilai 10 menunjukkan nilai maksimum kepuasan responden hingga 1 menunjukkan nilai minimum kepuasan responden. Tiga nilai teratas yang dipilih oleh mayoritas responden berturut-turut adalah 8 diikuti oleh 7 dan 9. Total suara yang dimiliki oleh nilai diatas 6 adalah sebanyak 87 suara dari 94 responden.

13. Saran dan tanggapan
Bentuk pertanyaan terakhir ini juga membutuhkan jawaban singkat dari responden. Beberapa yang teratas adalah sudah baik, harapan untuk memperbaiki fitur seperti masalah log in, update daftar kehadiran, dst, kemudian keinginan untuk menambah fitur seperti fitur offline, integrasi dengan LMS, denah kampus dan notifikasi, dst.

Kesimpulan

Melalui 13 pertanyaan yang saya ajukan, satisfaction degree yang didapatkan oleh pengguna aplikasi IPB Mobile for Student terbilang tinggi. Ini terbukti dari subjective satisfaction pada pertanyaan nomor 7, 8, 11, dan 12 yang menghasilkan nilai positif yang tinggi. Kemudian dilanjutkan dengan effiency of use yang ditandai dengan keselarasan lama dan frekuensi penggunaan aplikasi dengan penilaian pengguna yang berbanding lurus. Faktor lainnya adalah learnability atau user guidance pada nomor 10 yang menunjukkan bahwa learnability aplikasi IPB Mobile for Student tinggi ditandai dengan mayoritas pengguna merasa dirinya tidak memerlukan bantuan orang lain dalam menjelajahi fitur dalam aplikasi. Terakhir adalah dari sisi error rate pada nomor 3, 4, dan 9. Responden menilai frekuensi munculnya error dalam aplikasi pada tingkat sedang ke rendah (76 suara) namun untuk task tertentu seperti log in serta dalam durasi loading sayangnya masih belum  cukup memenuhi ekspektasi responden.

Satisfaction degree yang didapatkan oleh pengguna aplikasi IPB Mobile for Student terbilang tinggi.

Hasil kerja saya seutuhnya (dalam bentuk laporan yang lebih formal dan mendalam bisa diunduh di-sini

Penutup

Sekian laporan kerja saya, kesan dari proses pengerjaannya sih hm benar-benar mendidik yah wkwk. Pelajaran banget buat saya untuk nggak lagi menunda-nunda pekerjaan, dan fun banget sih karena bisa tau pemikiran orang-orang. Seru!

0 Comments